Sabtu, 28 Juli 2012

Sopan Santun

By Intan Della di 12:05:00 PM

Di zaman sekarang ini, banyak orang yang sudah tidak memperhatikan atau bahkan sudah melupakan apa yang namanya sikap (Attitude) yang baik. Terutama di kalangan anak remaja saat ini. Banyak diantara mereka yang sudah terpengaruh oleh pergaulan saat ini yang tidak mengarah ke arah lebih baik tapi malah ajur. 
Padahal Indonesia dikenal dengan salah satu warga negaranya yang ramah. Akan tetapi, sikap itu sudah mulai pudar. Mereka sudah melupakan apa yang namanya sopan santun. Mulai dari anak muda yang kurang ajar terhadap orang yang lebih tua, tidak menghormati, berani membantah, dsb. Nah, sebagai generasi muda yang baik kita harus menjaga sikap kita, terutama sikap sopan santun. 
Sikap sopan santun harus dibiasakan sejak kecil agar kita selalu terbiasa. Ini ada sedikit bacaan tentang sopan santun niiich.... Semoga dengan membaca ini kita jadi tambah lebih baik dan menjadi generasi bangsa Indonesia yang baik.
****************
Norma sopan santun adalah peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan sekelompok itu. Norma kesopanan bersifat relatif, artinya apa yang dianggap sebagai norma kesopanan berbeda-beda di berbagai tempat, lingkungan, atau waktu.
Contoh-contoh norma kesopanan ialah:
Menghormati orang yang lebih tua.
Menerima sesuatu selalu dengan tangan kanan.
Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan sombong.
Tidak meludah di sembarang tempat.
tidak menyela pembicaraan.
Norma kesopanan sangat penting untuk diterapkan, terutama dalam bermasyarakat, karena norma ini sangat erat kaitannya terhadap masyarakat. Sekali saja ada pelanggaran terhadap norma kesopanan, pelanggar akan mendapat sanki dari masyarakat, semisal cemoohan. kesopanan merupakan tuntutan dalam hidup bersama. Ada norma yang harus dipenuhi supaya diterima secara sosial.
Sanksi bagi pelanggar norma kesopanan adalah tidak tegas, tetapi dapat diberikan oleh masyarakat, yang berupa cemoohan, celaan, hinaan, atau dikucilkan dan diasingkan dari pergaulan serta di permalukan.

2 komentar:

lheyow on 26 Juni 2013 pukul 01.15 mengatakan...

Kalau orang yg nyebelin tuh melanggar norma kesopanan gak ya? :p

Intan Della on 30 Juni 2013 pukul 10.50 mengatakan...

ya tergantung banyak faktor :D

Posting Komentar

 

d' Vain Copyright © 2013 Design by Inde